Tuesday 18 February 2014

Sistem Keamanan Jaringan Komputer

Seiring perkembangan tekhnologi informasi berbasis jaringan yang sangat pesat, keamanan merupakan suatu hal yang sangat penting. Keamanan sistem harus sangat diperhatikan, karena jaringan komputer yang sifatnya publik dan global pada dasarnya tidak aman, baik itu untuk keamanan fisik, keamanan data maupun keamanan aplikasi.

Untuk mencegah terjadinya serangan terhadap system keamanan jaringan, ada beberapa faktor yang perlu dilakukan untuk mencegh serangan tersebut. Adapun faktor – faktor tersebut adalah :
Firewall
v  Desain sistem : desain sistem yang baik tidak meninggalkan celah-celah yang memungkinkan terjadinya penyusupan setelah sistem tersebut siap dijalankan.
v  Aplikasi yang Dipakai : aplikasi yang dipakai sudah diperiksa dengan seksama untuk mengetahui apakah program yang akan dipakai dalam sistem tersebut dapat diakses tanpa harus melalui prosedur yang seharusnya dan apakah aplikasi sudah mendapatkan kepercayaan dari banyak orang.
v  Manajemen : pada dasarnya untuk membuat suatu sistem yang secure tidak lepas dari bagaimana mengelola suatu sistem dengan baik. Dengan demikian persyaratan good practice standard seperti Standard Operating Procedure (SOP) dan Security Policy haruslah diterapkan di samping memikirkan hal teknologinya.
v  Manusia (Administrator) : manusia adalah salah satu fakor yang sangat penting, tetapi sering kali dilupakan dalam pengembangan  teknologi informasi dan dan sistem keamanan. Sebagai contoh, penggunaan password yang sulit menyebabkan pengguna malah menuliskannya pada kertas yang ditempelkan  di dekat komputer. Oleh karena itu, penyusunan kebijakan keamanan faktor manusia dan budaya setempat haruslah sangat dipertimbangkan.

Adapun Program yang dapat diterapkan untuk membuat jaringan komputer menjadi lebih aman antara lain : Password, Anti Virus, Firewall, IDS, IPS dan lain-lain
Untuk pembahsan materi yang lebih lanjut silahkan download makalahnya disini
semoga bermanfaat!!!!
jangan lupa sharenya ya! hehehe

No comments:

Post a Comment